Thursday, January 26, 2017

KELEBIHAN DAN KEKUKRANGAN FLOORDECK

Sebelum membahas kelebihan dan kekukrangan, mari mengetahui definisi mengenai Floordeck. Steel floordeck atau yang biasanya disebut juga bondek/ bondeck yang digunakan sebagai penyangga lantai cor, digunakan sebagai pengganti triplek pada pengecoran dag beton. Floordeck terbuat dari bahan baja galvanis berkekuatan tinggi sehingga mampu menahan beban struktur pelat lantai.
Steel Floordeck ini berbentuk pelat bergelombang ( biasanya 3 gelombang) dengan ketebalan mulai dari 0.75mm dan 1 mm. Untuk lebar efektif terdapat beberapa macam, yakni: 995mm ( Wdeck) , 870mm ( Combideck) , 1000mm ( Combideck) , 1000mm ( Ecodeck) , 1000mm ( SDE-IBdeck) , dengan panjang menyesuaikan kebutuhan area yang akan di-dak/ di-dek
Dengan beberapa keuntungan yang diberikan, sistem plat jenis ini banyak diaplikasikan dalam pembangunan gedung besar dan juga pada pembangunan rumah tinggal. Meskipun memiliki banyak kelebihan, pastinya dalam setiap bahan memiliki beberapa kekurangan yang harus diketahui, agar kita tidak salah dalam mengaplikasikannya dalam suatu pekerjaan yang dilakukan. Berikut kelebihan, kekurangannya :

Floordeck


Kelebihan 
1.      Penghematan bekisting lantai karena floordeck sekaligus berfungsi sebagai form work.
2.      Tidak menggunakan besi tulangan bagian bawah karena fungsinya sudah digantikan oleh bondek.
3.      Pengerjaan lebih cepat dan murah jika dibanding dengan sistem konvensional.
4.  Bagian bawah plat lantai terjamin rapi, karena jika menggunakan sistem konvensional dengan bekisting plywood maka ada resiko beton keropos, retak atau ngeplin sehingga memerlukan pekerjaan finishing tambahan.
5.      Aman jika terkena kebakaran.
6.      Anti karat sehingga bisa bertahan lama.

Kekurangan
1.      Tidak bisa diterapkan pada sisi tepi gedung ( plat kuantilever).
2.      Perlu pengaturan yang baik agar tidak banyak sisa material bondek yang terbuang.
3.    Harga bondek bervariasi mengikuti harga perkembangan baja, jadi perlu dihitung segi efisiensinya jika dibandingkan dengan menggunakan bekisting plywood.

Telp : 022-20663394
08112049113/08112049112
Ig         : pabrikbaja
Fb        : Pabrik baja Indonesia

No comments:

Post a Comment